Sejarah saya mengenal internet

Photo by John Schnobrich on Unsplash
Photo by John Schnobrich on Unsplash

Saya mulai mengenal internet sekitar tahun 1997 dimana zaman tersebut internet masih tergolong teknologi baru untuk ukuran kota kelahiran saya yang hanyalah sebuah kota kecil perlintasan dari 1 kota besar ke kota besar lainnya ( ada yang bisa nebak ? ). Bahkan saat itu belum ada yang namanya Warnet atau warung internet yang kalau dilihat kondisi warnet-warnet sekarang mungkin sudah hampir punah. Untuk bisa mengakses internet dulu harus datang ke kantor pos nama layanan penyedia akses internetnya adalah "wasantara-net". semacam warung internet ada komputer desktop pc siap pakai dengan akses internet.Hal yang dilakukan internetan waktu itu hanya sebatas mengakses email dan chatting dengan aplikasi mIRC . Tapi sungguh senangnya bukan main bisa internetan walau hanya gitu-gitu saja hehe. Email pertama saya adalah dari layanan email Yahoo.com dimana waktu itu sangat berjaya di awal hadirnya internet. multimedia seperti audio dan video masih langka dan belum selancar sekarang.

Mulai tahun 2000 awal kebutuhan akses akan internet mulai meningkat karena harus mengerjakan tugas-tugas kuliah dan tahun tersebut mulai banyak beredar warung internet atau ada juga yang menyebutnya internet cafe ( mungkin biar terlihat keren). Untuk menyimpan data masih menggunakan disket floppy disk dengan kapasitas 1,4 mb belum dipotong sistem. Flashdisk masih barang langka dan mewah untuk kapasitas 8mb aja harganya bisa ratusan ribu. tahun ini adalah awal mula mengenal proses download alias donlod perdonlodan terutama lagu berformat mp3 yang sedang ngehits di zaman itu. Bayangkan rata-rata satu lagu standar 3 menitan dalam ukuran mp3 itu sekitar 3 s.d 4 mb dan untuk menyimpan hasil download dari warnet untuk 1 lagu filenya harus dipecah jadi 2-3 disket. Segitunya perjuangan kami untuk ingin mendengarkan lagu gratis donlod dari internet. Maaf waktu itu saya belum memahami hak cipta atau copyright sebuah lagu dan mungkin dialami sebagian besar pengguna internet di zaman itu karena masih dalam euphoria kemudahan mendengarkan lagu berformat mp3. 

Ini adalah zaman awal teknologi kaset untuk lagu mulai mengalami pergeseran / disrupsi. akses internet masih tergolong lambat untuk di streaming. Layanan streaming audio yang saya ingat pertama adalah menggunakan aplikasi quicktime dan real player dan itu pun super lemot. Jadi lebih enaknya didonlod dulu agar bisa diputar berulang-ulang. untuk akses internet semakin bertambah variasinya. Kalau untuk memiliki blog sendiri dulu ada penyedia nya dari geocities.com dan mulailah mengenal apa itu HTML, javascript dan lainnya.social media belum lahir / booming diindonesia. Jadi pada ngapain aja orang-orang internetan pada tahun 2000 di indonesia ? mIRC masih berjaya , dan mulai juga aktif forum-forum yang berbentuk website dimana penggunanya mulai bisa berinteraksi. tampilan website juga sudah agak meningkat dulu dikenal dengan "website interaktif" semakin banyak yang bergerak di layar nya maka dianggap semakin keren haha.

bersambung











Share:

Masa transisi pandemi covid-19


Mem


Memasuki 2 pekan setelah lebaran 2020 ini , sekilas info berita di TV katanya sekarang kita sedang memasuki masa transisi PSBB alias social distancing 'ala indonesia atau lockdown dengan kearifan lokal.Artinya sebagian sudah ada kelonggaran di berbagai sektor usaha tapi engga tau apa aja yang dilonggarkan hehehe yang jelas kondisi keuangan kami yang semakin diperketat.

Oh iya selama masa PSBB ini berlangsung jalan depan rumah saya yang bukannya semakin sepi tapi tambah ramai dengan lalu lalang sepeda motor. Pasalnya, saya tinggal di daerah kampung yang berbatasan dengan dua kompleks perumahan yang cukup besar dan selama kebijakan PSBB ini kedua jalan utama kompleks ini ditutup total. Sehingga kendaraan bermotor roda dua membanjiri jalan kampung kami. Dan istimewanya kelurahan kami ini dilabeli zona merah! , mantap kan?.

Pandemi ini memang berdampak sangat besar kepada semua pihak, adakah yang tidak terdampak sama sekali oleh penyebaran ini?. Tetangga kiri kanan sudah pasang plang untuk menjual rumahnya, ketika sedikit ngobrol dengan si tetangga tersebut dia bilang bahwa virus ini rekayasa dari negara adidaya yang sedang perang dagang dan ada unsur kesengajaan sehingga dia kehilangan pekerjaannya dan terpaksa harus menjual rumahnya.

Para ahli clickbait menjadikan pandemi ini sebagai sarana berburu “cuan” dengan menghadirkan isu konspirasi dalam pandemi ini. Benar atau tidaknya apakah isu teori konpirasi ini kalaupun misalnya benar istilah yang lebih tepatnya bukan teori konspirasi tetapi harusnya teori konsinyasi. Karena yang berperan menitipkan isu ini untuk mencari keuntungan dan biasanya yang mencari keuntungan itu para adalah pedagang yang menitipkan barangnya.

Lalu apa usaha saya untuk melawan darurat ekonomi ini? Saat ini selain tetap menjalankan usaha yang sudah berjalan dengan kondisi pasrah. Saya coba-coba dulu merintis profesi freelancer dan kerja online dengan sistem work from home. Nantilah saya bahas satu-persatu kalau ada yang sudah menghasilkan, yang jelas bukan jualan konspirasi.

See yu later blog.

Share:

Posting ah di tahun 2020

Photo by hannah grace on Unsplash


Iseng-iseng ngecek statistik blog, ternyata di tahun 2019 blog ini "0" posting... (wah kemana aja ya)

By de way blog ini umurnya udah 14 tahun udah lagi ABG nih baru mulai remaja jadi harap maklum kalau masih labil, namanya juga remaja haha

Hmm banyak perubahan sekarang di forum2 tulis menulis trendnya dari medium dan quora , kaskus udah jarang akses, dan sekarang orang-orang cenderung lebih hobi nonton vlog youtube. para artis pun berlomba-lomba bikin vlog.

Sekarang kondisi terkini saat ini ceritanya lagi pembatasan sosial berskala besar katanya untuk mengurangi dampak corona atau covid19

lagi cari-cari rekomendasi judul film eh ternyata masih ada yang nulis di blogger, sekalian nitip link biar ga lupa , nemu tempat rekomendasi nonton film di sini >> https://ajirenji.blogspot.com/




Share:

Menjadi Warganet Cerdas & Kreatif






Akhir-akhir ini seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat pesat. Media untuk pembelajaran semakin mudah diakses. Tidak seperti sekarang ini , dulu sekitar tahun 90-an sampai awal tahun 2000-an internet masih sangat terbatas aksesnya. Jika ingin mencari tahu ilmu tentang sebuah hal atau masalah masih sangat tergantung kepada media cetak dan elektronik seperti radio dan televisi. Kemudahan akses internet ini mulai terasa saat akses kecepatan 4G mulai tersebar di berbagai daerah di indonesia dibarengi dengan semakin terjangkaunya harga perangkat smartphone.
Hosting Unlimited Indonesia
Semuanya kini serba online, “Internet of things” (IoT) begitu kata para ahli dan pakar Informatika dulu memprediksi kondisi dimana saat akses internet semakin bertambah kecepatan dan mudah serta murah didapatnya. IoT sendiri adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Interaksi sehari-hari dalam kegiatan rumah tangga kini tak lepas dari koneksi internet. Selain penggunaan gadget smartphone , Sebagai contoh sekarang sudah ada istilah Smart TV dimana TV sudah dilengkapi operating system android. Atau ada juga nantinya lemari es yang  terkoneksi internet dimana kulkas tersebut memilik “kecerdasan” bisa mendeteksi misalnya ketika ada makanan yang sudah tidak bisa dikonsumsi karena terlalu lama disimpan, bahkan bisa memesan otomatis barang-barang sesuai kebiasaan penghuni rumah dan kemudian belanja kebutuhan sendiri secara online dan terintegrasi dengan minimarket terdekat.

Di dunia yang kini serba online mulai kita rasakan berbagai kemudahan mulai dari pemesanan tiket, transportasi, belanja online sampai delivery makanan cukup dengan beberapa sentuhan jari saja. Untuk usaha dengan level usaha kecil menengah ( UKM ) kini sangat mudah dan terhitung murah jika ingin meng-online-kan bisnis mereka agar memilik alamat dotcom dengan mendaftar domain dan layanan hosting.  Banyak sekali penyedia layanan domain dan hosting ini yang sangat berkualitas salah satunya adalah penyedia jasa layanan hosting indowebsite yang bisa diakses di : www.indowebsite.id dengan memiliki alamat dotcom sendiri bisnis kita akan semakin mudah dijangkau calon konsumen yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan.

 “The world is in your hand” mengutip dari sebuah slogan BUMN telekomunikasi terbesar di negeri ini yang juga menyediakan akses internet yang murah dan cepat. Teknologi di dunia ini semakin cerdas, lalu bagaimana dengan masyarakatnya? Berdasarkan pembagian generasi menurut para ahli kategori pembagian generasi berdasarkan tahun kelahiran ada Generasi X (Tahun Kelahiran 1961-1980) dimana saat itu komputer baru mulai dikembangkan, kemudian Generasi Y atau dikenal juga sebagai Generasi Millennial (Tahun Kelahiran 1981-1994) di usia ini sudah berkembang penggunaan gadget smartphone yang sudah canggih , ada juga Generasi Z (Tahun Kelahiran 1995-2010) dan Generasi Alpha (Tahun Kelahiran 2010-Sekarang) yang sudah sangat terbiasa dengan kecanggihan teknologi sejak usia dini. Bahkan kini anak-anak zaman sekarang kalau ditanya cita-citanya bukan ingin menjadi dokter atau pengacara lagi, tetapi pasti sebagian besar mereka akan ada yang menjawab ingin menjadi seorang blogger, internet marketer,vlogger, youtuber.

Internet sendiri bagaikan dua sisi mata uang, selain hal positif ada juga beberapa dampak negatif yang patut kita waspadai. Ada berbagai hal mulai dari penjudian online, pornografi, perdagangan manusia,penyebaran hoax melalui berbagai media sosial, penyebaran paham radikal dan lain-lainya. Tergantung dari kita menyikapi nya dengan menjadi pengguna internet yang cerdas. Kita lawan hal-hal negatif tersebut dengan menciptakan konten-konten cerdas mendidik, berkualitas, dan konten hiburan positif yang mempunyai dampak mencerdaskan apabila ada yang melihat karya kita tersebut. Atau jika kita tidak bisa membuat konten sendiri, minimal kita share konten milik orang lain yang bersifat positif.

Mari kita tanamkan dalam diri kita semangat bersama cerdaskan bangsa. ajak semua teman dan keluarga juga menjadi netizen atau warganet yang kreatif dan cerdas. Tidak mudah terprovokasi dan tidak gampang menyebar berita bohong yang sumbernya tidak jelas dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Share:

Si Tukang "Nyangut"




Kata "nyangut" dalam bahasa sunda bisa diartikan nyangkut, nyahut, nyantol atau nyamber. Biasanya istilah ini sering digunakan dalam kegiatan mancing memancing yang melibatkan umpan pancing dan ikan yang dipancing. Berbicara mengenai ikan yang dipancing, ada jenis ikan yang gampang sekali "nyangut" diberi umpan apapun yaitu jenis ikan lele, ikan ini merupakan jenis ikan pemakan segala sehingga hampir semua umpan bisa digunakan untuk memancing ikan ini. dan ikan lele sering menjadi pilihan ikan yang umum dipelihara di kolam rumahan karena bisa diberi makan apa aja, misalnya limbah makanan rumah tangga, sisa makanan dan lainnya.

Dalam kegiatan keseharian manusia berkomunikasi ada juga orang yang bisa diberi julukan si tukang nyangut, yaitu orang yang suka ikut-ikutan nyahut, nyamber atau nyantol pembicaraan orang lain. misalnya ketika si A dan si B sedang bercakap-cakap, tiba-tiba si C ini ikut di dalam percakapan antara A dan B tanpa diajak pembicaraan sebelumnya. istilah jaman now nya itu ya "kepo" tapi sudah di level diatasnya karena sering ikut nimbrung aja, bukan sekedar ingin tahu. sering nya tanpa diundang masuk ke dalam sebuah pembicaraan yang bukan urusannya.

Apabila si tukang nyangut ini diibaratkan sebuah lele di dunia perikanan, maka posisinya sangat lemah sekali. ikan lele salah satu jenis ikan yang gampang dijumpai karena harganya murah dan mudah didapatkan,  berbeda dengan misalnya ikan gurame yang lebih mahal dan  biasanya dijumpai di menu restoran, maka ikan lele biasanya tersaji di warung tenda pinggir jalan yang kualitas higienis nya sering diragukan..maka dari itu dalam analogi status sosial dengan dunia perikanan ini janganlah menjadi tipe manusia tukang nyangut seperti ikan lele yang suka bertele-tele:) ....hehehe.






Share:

Maret 2018






إِنِّي رَأَيْتُ وُقُوْفَ الْمَاءِ يُفْسِدُهُ # إِنْ سَاحَ طَابَ وَإنْ لَمْ يَجْرِ لَمْ يَطِبْ

“Sesungguhnya aku melihat genangan air yang diam itu merusak dirinya sendiri. Jika air itu mengalir maka ia menjadi jernih namun ketika berhenti mengalir maka hilanglah kejernihannya.” (al-Imām asy-Syāfi’i)

Tak terasa kita sudah  memasuki kuarter pertama di tahun 2018, banyak yang terjadi selama 3 bulan terakhir ini dan kalau ada kesempatan /waktu mau di share di blog ini, ada beberapa pengalaman pertama yang saya alami salah satu diantaranya menggunakan aplikasi airbnb untuk sewa villa. mungkin nanti perlu dibuatkan tutorialnya.

Sejak awal tahun ini banyak kegiatan yang membuat waktu terasa cepat berlalu.mudah-mudahan banyak kegiatan ini diberikan keberkahan. "Fil harakah barakah," dalam bergerak ada keberkahan. Bergerak berarti berusaha, berupaya sebagai wujud dari ikhtiar manusia.


Share:

Turbulensi di dalam badai

Menciptakan mood bekerja yang "kondusif" saat dibawah tekanan memerlukan energi yang benar-benar extra. Terutama bila bidang yang kita kerjakan itu memerlukan daya kreatifitas tinggi. Tapi manusia adalah mahluk adaptif kan?, Kita harus bisa menghadapi situasi apapun yang akan menyongsong kita di depan. Hanya mungkin akan berpengaruh terhadap hasil atau sebuah karya yang dihasilkan.

Apakah sebuah karya diciptakan dalam kondisi mood yang  baik akan menghasilkan sesuatu yang baik ? dan respon terhadap karya itu bagaimana nantinya kalau misalnya ketika dikerjakan dalam kondisi yang kacau. Kalau diibaratkan aspek-aspek pembentuk mood kerja itu adalah barisan senar dalam sebuah gitar, apabila satu senar tidak di stem dengan baik dan  sebuah kunci nada dimainkan maka tidak akan terdengar dengan enak.

Mungkin seperti itu kurang lebihnya... ini hanya sebuah turbulensi di dalam badai.
Share:

Hello 2018

my blog post statistic 2006 - 2017

Just wanna say hello 2018

I'm blogging Since 2006, wow it has been 12 years. I have posted 143 titles in my blog with average 12 post per year. My first post called "first shout" posted on July 13th 2006. Usually I write blog in Indonesian language. Since 2006 until today netizen visit my blog about 126,479 page views. My most popular post is "Contoh percakapan di call center" posted on December 28th 2010 with 29,704 views. My lowest blog post in a year is 4 post that happened in year of 2012. and my higher number of blog post is 19 post in 2010.

Welcome 2018 , Future is always exiting!




Share:

Perbedaan update status sosmed dan blog

Apakah perbedaan update status sosmed dan curhat di blog? Beberapa tahun ini perkembangan mengakses sosial media semakin menjadi kebiasaan rutin dalam keseharian dalam kehidupan kita ini. sejak saya mendaftar facebook di tahun 2005 sebelumnya aktif di friendster sebelum meredup tahun sekitar 2008 waktu itu pesbukan cuma asyik colek-colek (poke) aja.

Kalau lihat orang pesbukan ( beraktifitas sosial media menggunakan aplikasi facebook ) kini agak pusing juga melihatnya, apalagi dengan gencarnya situasi politik dalam dan luar negeri share2 link clickbait ( judul yang menggelitik untuk di klik ) yang niatnya hanya  mencari pengunjung agar datang ke website. Banyak juga berita-berita hoax yang beredar,  Mulai dari yang sekedar share bahkan ada yang berantem di timeline.

Itulah kenapa saya tetap pilih konsisten untuk blog saja, saya bisa tulis apa yang saya mau tulis. Mau apapun yang kita tulis, yang dilike dan dishare sebetulnya yang mengambil keuntungan terbesarnya ya Facebook itu sendiri. Sebagai penggguna Facebook tentunya anda dipantau apa yang anda suka, anda like dan share dan Facebook mengklasifikan anda dalam suatu kategori user aktif yang tujuan akhirnya ditawarkan kepada pemasang iklan sesuai dengan produk yang akan diiklankan. Apakah Facebook telah mengkomersialisasikan Ujaran kebencian? Mungkin saja. Yang jelas semakin ramai likes dan komen dalam suatu postingan semakin untung pula si mark zuckerberg ini.

Lantas apa bedanya apa dengan ngeblog?
Website Traffic ( atau trafik)  adalah lalulintas strategis karena berkaitan dengan dunia advertising iklan online yang menjadi sumber utama penghasilan di dunia online. Ibaratnya anda mau buka warung nasi apakah anda akan memilih sebuah tempat yang lalulintasnya sepi dengan kemungkinan dikunjungi orang lebih sedikit atau membuka tempat di pasar yang sudah pasti banyak orang yang datang walaupun belum tentu membeli dagangan anda. 

saya tetep pilih nge-blog. 
Share:

Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit


Call Center Mandiri 14000 atau  mandiri call adalah layanan customer service yang disediakan bagi para nasabah Bank Mandiri. baru-baru ini saya mengalami kejadian pengalaman tidak nyaman dengan layanan mandiri call ini. Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit nya seperti apa ? berikut kronologi kejadiannya :

Sebagai pengguna kartu kredit visa platinum, bulan oktober ada penawaran upgrade otomatis menjadi visa signature dengan mereply SMS. setelah di reply pada menu internet banking >> informasi kartu kredit muncul nomor kartu kredit tambahan.
Pada bulan desember nomor kartu platinum hilang dari menu informasi kartu kredit, ketika akan membayar tagihan tidak bisa memilih menu pembayaran. Hal inilah yang saya coba tanyakan ke call center / mandiri call 14000 bank mandiri.

Ketika menghubungi mandiri call 14000 ini tidak langsung tersambung, ada menu otomatis yang harus ditekan yaitu pilihan bahasa, pilihan permasalahan, untuk berbicara dengan customer service langsung tekan tombol "0". setelah menekan tombol "0", tidak langsung tersambung karena ada keterangan customer service sibuk melayani pelanggan lain. setelah 2-3 menit mendengarkan nada tunggu lagu bank mandiri, tersambung ke Petugas Customer service (CS) pertama. setelah mengutarakan permasalahan ini CS pertama tidak memberikan solusi tetapi melakukan transfer call ke CS bagian kartu kredit, tersambunglah ke CS kedua, bagian kartu kredit , tersambung dengan CS kedua memberikan informasi untuk permasalahannya akan ditangani CS customer Platinum, tersambung dengan CS ketiga setelah diinfokan permasalahannya CS mengambil keputusan masalahnya ada di internet banking dan itu kewenangan CS non kartu kredit ditransfer kembali ( eaaa..  bank mandiri ) ke CS non kartu kredit dan tersambung dengan CS ke empat. Solusi akhir dari CS keempat itu juga tidak memuaskan yaitu disarankan ke kantor Cabang. Disinilah mulai terasa bahwa Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit.

Akhirnya setelah mengantri di layanan Customer Service kantor cabang, mendapat penjelasan bahwa nomor baru yang muncul di internet banking adalah nomor kartu baru yang sudah bertipe visa signature. CS juga menjelaskan bahwa sudah dilakukan pengiriman kartu sejak bulan november namun tidak ada konfirmasi di alamat penerima jadi status kartu nya tidak diterima. Alasan ini aneh mengingat ada 2 kartu sebelumnya penggantian expire  pernah dikirim ke  alamat yang baru dan status kartu terkirim dan diterima tanpa masalah. Untuk mempercepat penyelesaian daripada berdebat saya ikut solusi yang disarankan CS kantor cabang yaitu , membuat pengajuan perubahan alamat surat-menyurat.

Untuk kekecewaan ini lebih tepatnya pada Layanan call center mandiri call
Setelah 34 menit menghabiskan pulsa sekitar 70rb dengan tidak memberikan solusi berarti maka dapat disimpulkan bahwa :

- Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit
- Customer Service nya  tidak paham produk
- Tidak memberikan solusi yang langsung membereskan masalah
- Proses penanganan keluhan yang rumit dan berbelit

Seharusnya dilakukan peningkatan kemampuan untuk petugas customer service agar bisa menjadi one stop solution customer services. itulah pengalaman saya dengan Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit. semoga bisa menjadi pengalaman berharga.







Share:

Mental Block negatif seorang pedagang saat jualan

Mental Block negatif seorang pedagang saat jualan

Mental Block itu secara sederhana adalah bermacam bisikan dari dalam hati kita yang mengajak kita untuk meragukan kemampuan diri sendiri.  Mental block ini sebetulnya pertimbangan logika baik dan buruk sebuah hal yang akan kita tempuh. Akan tetapi ada  Mental Block negatif yang menghambat perkembangan diri anda ke arah yang lebih baik dalam segala hal.


Contoh kasus Mental block saat menjual barang yang menurut kita harganya mahal , maka akan ada bisikan dalam hati: 


  • Harga jualnya kok mahal ya? 
  • Pada mau beli ga ya ?
  • Emang ada yang mau beli?


Tips 1 atasi mental block versi bijaksana :

- harga mahal/murah relatif tergantung perspektif kemampuan finansial seseorang
- barang mahal dan murah ada market nya masing-masing
- rezeki sudah ada yang mengatur selama mau berusaha.


Tips 2 atasi mental block versi coaching hard no heart feeling:
-jangan samakan mindset isi dompet anda sebagai penjual dengan isi dompet mereka calon pembeli kita.

-kalo menurut anda 500rb itu mahal, cari target market yang bilang bahwa 500rb itu :

  • okelah, harga segini wajar sesuai kualitas
  • okelah , harga segini masih terjangkau buat saya
  • okelah , harga segini murah banget bagi saya
Carilah target market itu , sekarang.


Share:

Prosedur Pengajuan klaim Jamsostek / BPJS ketenagakerjaan

Logo Jamsostek dulu




Logo BPJS ketenagakerjaan kini


Bagi anda yang ingin melakukan Proses pencairan BPJS ketenagakerjaan atau sebelumnya yang dikenal dengan jamsostek ini harus mengetahui dan mempersiapkan syarat-syaratnya terlebih dahulu. Pastikan BPJS nya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bukannya Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita kheheheh. sebaiknya kita mencari dan menggali informasi sebelum datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Tapi tetap aja Proses pencairan jamsostek atau BPJS ketenagakerjaan ini prosesnya memerlukan syarat-syarat yang harus dilengkapi.

Saya sendiri sudah mencari-cari informasi sebelumnya mengenai cara atau Proses pencairan BPJS ketenagakerjaan /jamsostek ini dan sudah mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Sehari sebelumnya saya siapkan dokumen-dokumen asli beserta fotokopinya. Esoknya saya datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat. Tiba di kantor BPJS sekitar jam 9 pagi saya lihat suasana nya cukup lengang, perkiraan saya biasanya untuk yang berhubungan dengan pencairan keuangan ini biasanya tempatnya padat. Kemudian saya masuk kedalam dan menanyakan informasi Cara klaim jamsostek
ke Satpam di bagian penerimaan awal dan ternyata pak satpam itu memberitahukan bahwa sebelumnya harus mendaftar online terlebih dahulu dan tidak bisa datang langsung mengajukan klaim pencairan BPJS ketenagakerjaan /jamsostek. Informasi ini saya tidak mengetahui sebelumnya dan terpaksa pulang gigit jari di hari pertama.

Akhirnya saya isi form klaim online, lumayan ribet juga Proses pencairan jamsostek di tahun 2017 ini
karena sebelumnya harus scan semua dokumen dengan ukuran file minimal 100kb dan maksimal tidak lebih dari 1,8 Mb. Dokumen diupload satu persatu setelah klik tombol simpan eh,, ada notifikasi server error. Akan tetapi ketika cek inbox email ada notifikasi untuk proses registrasi klaim berhasil dan mendapatkan keterangan mohon menunggu maksimal 2x24 jam untuk pemberitahuan selanjutnya. Sampai disini proses yang saya telah lalui dan tulis di blog ini.

Adapun untuk syarat-syarat Proses pencairan Jamsostek / BPJS ketenagakerjaan ini , berikut syarat untuk peserta dengan alasan klaim mengundurkan diri :

KTP
Kartu Keluarga
Kartu Jamsostek /BPJS ketenagakerjaan
Paklaring atau surat referensi dari perusahaan tempat kita bekerja sesuai dengan kartu Jamsostek yang terdaftar
Buku Tabungan

Semua diperlukan dokumen asli yang wajib dibawa ke kantor BPJS ketenagakerjaan, demikian untuk saat ini informasi share pengalaman saya dalam proses pencairan BPJS ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat :)


Share: