Si Tukang "Nyangut"
Dalam kegiatan keseharian manusia berkomunikasi ada juga orang yang bisa diberi julukan si tukang nyangut, yaitu orang yang suka ikut-ikutan nyahut, nyamber atau nyantol pembicaraan orang lain. misalnya ketika si A dan si B sedang bercakap-cakap, tiba-tiba si C ini ikut di dalam percakapan antara A dan B tanpa diajak pembicaraan sebelumnya. istilah jaman now nya itu ya "kepo" tapi sudah di level diatasnya karena sering ikut nimbrung aja, bukan sekedar ingin tahu. sering nya tanpa diundang masuk ke dalam sebuah pembicaraan yang bukan urusannya.
Apabila si tukang nyangut ini diibaratkan sebuah lele di dunia perikanan, maka posisinya sangat lemah sekali. ikan lele salah satu jenis ikan yang gampang dijumpai karena harganya murah dan mudah didapatkan, berbeda dengan misalnya ikan gurame yang lebih mahal dan biasanya dijumpai di menu restoran, maka ikan lele biasanya tersaji di warung tenda pinggir jalan yang kualitas higienis nya sering diragukan..maka dari itu dalam analogi status sosial dengan dunia perikanan ini janganlah menjadi tipe manusia tukang nyangut seperti ikan lele yang suka bertele-tele:) ....hehehe.
Maret 2018
إِنِّي رَأَيْتُ وُقُوْفَ الْمَاءِ يُفْسِدُهُ # إِنْ سَاحَ طَابَ وَإنْ لَمْ يَجْرِ لَمْ يَطِبْ
“Sesungguhnya aku melihat genangan air yang diam itu merusak dirinya sendiri. Jika air itu mengalir maka ia menjadi jernih namun ketika berhenti mengalir maka hilanglah kejernihannya.” (al-Imām asy-Syāfi’i)
Tak terasa kita sudah memasuki kuarter pertama di tahun 2018, banyak yang terjadi selama 3 bulan terakhir ini dan kalau ada kesempatan /waktu mau di share di blog ini, ada beberapa pengalaman pertama yang saya alami salah satu diantaranya menggunakan aplikasi airbnb untuk sewa villa. mungkin nanti perlu dibuatkan tutorialnya.
Sejak awal tahun ini banyak kegiatan yang membuat waktu terasa cepat berlalu.mudah-mudahan banyak kegiatan ini diberikan keberkahan. "Fil harakah barakah," dalam bergerak ada keberkahan. Bergerak berarti berusaha, berupaya sebagai wujud dari ikhtiar manusia.
“Sesungguhnya aku melihat genangan air yang diam itu merusak dirinya sendiri. Jika air itu mengalir maka ia menjadi jernih namun ketika berhenti mengalir maka hilanglah kejernihannya.” (al-Imām asy-Syāfi’i)
Tak terasa kita sudah memasuki kuarter pertama di tahun 2018, banyak yang terjadi selama 3 bulan terakhir ini dan kalau ada kesempatan /waktu mau di share di blog ini, ada beberapa pengalaman pertama yang saya alami salah satu diantaranya menggunakan aplikasi airbnb untuk sewa villa. mungkin nanti perlu dibuatkan tutorialnya.
Sejak awal tahun ini banyak kegiatan yang membuat waktu terasa cepat berlalu.mudah-mudahan banyak kegiatan ini diberikan keberkahan. "Fil harakah barakah," dalam bergerak ada keberkahan. Bergerak berarti berusaha, berupaya sebagai wujud dari ikhtiar manusia.
Turbulensi di dalam badai
Menciptakan mood bekerja yang "kondusif" saat dibawah tekanan memerlukan energi yang benar-benar extra. Terutama bila bidang yang kita kerjakan itu memerlukan daya kreatifitas tinggi. Tapi manusia adalah mahluk adaptif kan?, Kita harus bisa menghadapi situasi apapun yang akan menyongsong kita di depan. Hanya mungkin akan berpengaruh terhadap hasil atau sebuah karya yang dihasilkan.
Apakah sebuah karya diciptakan dalam kondisi mood yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik ? dan respon terhadap karya itu bagaimana nantinya kalau misalnya ketika dikerjakan dalam kondisi yang kacau. Kalau diibaratkan aspek-aspek pembentuk mood kerja itu adalah barisan senar dalam sebuah gitar, apabila satu senar tidak di stem dengan baik dan sebuah kunci nada dimainkan maka tidak akan terdengar dengan enak.
Mungkin seperti itu kurang lebihnya... ini hanya sebuah turbulensi di dalam badai.
Apakah sebuah karya diciptakan dalam kondisi mood yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik ? dan respon terhadap karya itu bagaimana nantinya kalau misalnya ketika dikerjakan dalam kondisi yang kacau. Kalau diibaratkan aspek-aspek pembentuk mood kerja itu adalah barisan senar dalam sebuah gitar, apabila satu senar tidak di stem dengan baik dan sebuah kunci nada dimainkan maka tidak akan terdengar dengan enak.
Mungkin seperti itu kurang lebihnya... ini hanya sebuah turbulensi di dalam badai.
Hello 2018
my blog post statistic 2006 - 2017 |
Just wanna say hello 2018
I'm blogging Since 2006, wow it has been 12 years. I have posted 143 titles in my blog with average 12 post per year. My first post called "first shout" posted on July 13th 2006. Usually I write blog in Indonesian language. Since 2006 until today netizen visit my blog about 126,479 page views. My most popular post is "Contoh percakapan di call center" posted on December 28th 2010 with 29,704 views. My lowest blog post in a year is 4 post that happened in year of 2012. and my higher number of blog post is 19 post in 2010.
Welcome 2018 , Future is always exiting!
Perbedaan update status sosmed dan blog
Apakah perbedaan update status sosmed dan curhat di blog? Beberapa tahun ini perkembangan mengakses sosial media semakin menjadi kebiasaan rutin dalam keseharian dalam kehidupan kita ini. sejak saya mendaftar facebook di tahun 2005 sebelumnya aktif di friendster sebelum meredup tahun sekitar 2008 waktu itu pesbukan cuma asyik colek-colek (poke) aja.
Kalau lihat orang pesbukan ( beraktifitas sosial media menggunakan aplikasi facebook ) kini agak pusing juga melihatnya, apalagi dengan gencarnya situasi politik dalam dan luar negeri share2 link clickbait ( judul yang menggelitik untuk di klik ) yang niatnya hanya mencari pengunjung agar datang ke website. Banyak juga berita-berita hoax yang beredar, Mulai dari yang sekedar share bahkan ada yang berantem di timeline.
Itulah kenapa saya tetap pilih konsisten untuk blog saja, saya bisa tulis apa yang saya mau tulis. Mau apapun yang kita tulis, yang dilike dan dishare sebetulnya yang mengambil keuntungan terbesarnya ya Facebook itu sendiri. Sebagai penggguna Facebook tentunya anda dipantau apa yang anda suka, anda like dan share dan Facebook mengklasifikan anda dalam suatu kategori user aktif yang tujuan akhirnya ditawarkan kepada pemasang iklan sesuai dengan produk yang akan diiklankan. Apakah Facebook telah mengkomersialisasikan Ujaran kebencian? Mungkin saja. Yang jelas semakin ramai likes dan komen dalam suatu postingan semakin untung pula si mark zuckerberg ini.
Lantas apa bedanya apa dengan ngeblog?
Website Traffic ( atau trafik) adalah lalulintas strategis karena berkaitan dengan dunia advertising iklan online yang menjadi sumber utama penghasilan di dunia online. Ibaratnya anda mau buka warung nasi apakah anda akan memilih sebuah tempat yang lalulintasnya sepi dengan kemungkinan dikunjungi orang lebih sedikit atau membuka tempat di pasar yang sudah pasti banyak orang yang datang walaupun belum tentu membeli dagangan anda.
saya tetep pilih nge-blog.
Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit
Call Center Mandiri 14000 atau mandiri call adalah layanan customer service yang disediakan bagi para nasabah Bank Mandiri. baru-baru ini saya mengalami kejadian pengalaman tidak nyaman dengan layanan mandiri call ini. Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit nya seperti apa ? berikut kronologi kejadiannya :
Sebagai pengguna kartu kredit visa platinum, bulan oktober ada penawaran upgrade otomatis menjadi visa signature dengan mereply SMS. setelah di reply pada menu internet banking >> informasi kartu kredit muncul nomor kartu kredit tambahan.
Pada bulan desember nomor kartu platinum hilang dari menu informasi kartu kredit, ketika akan membayar tagihan tidak bisa memilih menu pembayaran. Hal inilah yang saya coba tanyakan ke call center / mandiri call 14000 bank mandiri.
Ketika menghubungi mandiri call 14000 ini tidak langsung tersambung, ada menu otomatis yang harus ditekan yaitu pilihan bahasa, pilihan permasalahan, untuk berbicara dengan customer service langsung tekan tombol "0". setelah menekan tombol "0", tidak langsung tersambung karena ada keterangan customer service sibuk melayani pelanggan lain. setelah 2-3 menit mendengarkan nada tunggu lagu bank mandiri, tersambung ke Petugas Customer service (CS) pertama. setelah mengutarakan permasalahan ini CS pertama tidak memberikan solusi tetapi melakukan transfer call ke CS bagian kartu kredit, tersambunglah ke CS kedua, bagian kartu kredit , tersambung dengan CS kedua memberikan informasi untuk permasalahannya akan ditangani CS customer Platinum, tersambung dengan CS ketiga setelah diinfokan permasalahannya CS mengambil keputusan masalahnya ada di internet banking dan itu kewenangan CS non kartu kredit ditransfer kembali ( eaaa.. bank mandiri ) ke CS non kartu kredit dan tersambung dengan CS ke empat. Solusi akhir dari CS keempat itu juga tidak memuaskan yaitu disarankan ke kantor Cabang. Disinilah mulai terasa bahwa Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit.
Akhirnya setelah mengantri di layanan Customer Service kantor cabang, mendapat penjelasan bahwa nomor baru yang muncul di internet banking adalah nomor kartu baru yang sudah bertipe visa signature. CS juga menjelaskan bahwa sudah dilakukan pengiriman kartu sejak bulan november namun tidak ada konfirmasi di alamat penerima jadi status kartu nya tidak diterima. Alasan ini aneh mengingat ada 2 kartu sebelumnya penggantian expire pernah dikirim ke alamat yang baru dan status kartu terkirim dan diterima tanpa masalah. Untuk mempercepat penyelesaian daripada berdebat saya ikut solusi yang disarankan CS kantor cabang yaitu , membuat pengajuan perubahan alamat surat-menyurat.
Untuk kekecewaan ini lebih tepatnya pada Layanan call center mandiri call
Setelah 34 menit menghabiskan pulsa sekitar 70rb dengan tidak memberikan solusi berarti maka dapat disimpulkan bahwa :
- Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit
- Customer Service nya tidak paham produk
- Tidak memberikan solusi yang langsung membereskan masalah
- Proses penanganan keluhan yang rumit dan berbelit
Seharusnya dilakukan peningkatan kemampuan untuk petugas customer service agar bisa menjadi one stop solution customer services. itulah pengalaman saya dengan Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit. semoga bisa menjadi pengalaman berharga.
Mental Block negatif seorang pedagang saat jualan
Mental Block negatif seorang pedagang saat jualan
Mental Block itu secara sederhana adalah bermacam bisikan dari dalam hati kita yang mengajak kita untuk meragukan kemampuan diri sendiri. Mental block ini sebetulnya pertimbangan logika baik dan buruk sebuah hal yang akan kita tempuh. Akan tetapi ada Mental Block negatif yang menghambat perkembangan diri anda ke arah yang lebih baik dalam segala hal.
Contoh kasus Mental block saat menjual barang yang menurut kita harganya mahal , maka akan ada bisikan dalam hati:
Tips 1 atasi mental block versi bijaksana :
- harga mahal/murah relatif tergantung perspektif kemampuan finansial seseorang
- barang mahal dan murah ada market nya masing-masing
- rezeki sudah ada yang mengatur selama mau berusaha.
Tips 2 atasi mental block versi coaching hard no heart feeling:
-jangan samakan mindset isi dompet anda sebagai penjual dengan isi dompet mereka calon pembeli kita.
-kalo menurut anda 500rb itu mahal, cari target market yang bilang bahwa 500rb itu :
Mental Block itu secara sederhana adalah bermacam bisikan dari dalam hati kita yang mengajak kita untuk meragukan kemampuan diri sendiri. Mental block ini sebetulnya pertimbangan logika baik dan buruk sebuah hal yang akan kita tempuh. Akan tetapi ada Mental Block negatif yang menghambat perkembangan diri anda ke arah yang lebih baik dalam segala hal.
Contoh kasus Mental block saat menjual barang yang menurut kita harganya mahal , maka akan ada bisikan dalam hati:
- Harga jualnya kok mahal ya?
- Pada mau beli ga ya ?
- Emang ada yang mau beli?
Tips 1 atasi mental block versi bijaksana :
- harga mahal/murah relatif tergantung perspektif kemampuan finansial seseorang
- barang mahal dan murah ada market nya masing-masing
- rezeki sudah ada yang mengatur selama mau berusaha.
Tips 2 atasi mental block versi coaching hard no heart feeling:
-jangan samakan mindset isi dompet anda sebagai penjual dengan isi dompet mereka calon pembeli kita.
-kalo menurut anda 500rb itu mahal, cari target market yang bilang bahwa 500rb itu :
- okelah, harga segini wajar sesuai kualitas
- okelah , harga segini masih terjangkau buat saya
- okelah , harga segini murah banget bagi saya
Carilah target market itu , sekarang.
Prosedur Pengajuan klaim Jamsostek / BPJS ketenagakerjaan
Logo Jamsostek dulu |
Logo BPJS ketenagakerjaan kini |
Bagi anda yang ingin melakukan Proses pencairan BPJS ketenagakerjaan atau sebelumnya yang dikenal dengan jamsostek ini harus mengetahui dan mempersiapkan syarat-syaratnya terlebih dahulu. Pastikan BPJS nya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bukannya Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita kheheheh. sebaiknya kita mencari dan menggali informasi sebelum datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Tapi tetap aja Proses pencairan jamsostek atau BPJS ketenagakerjaan ini prosesnya memerlukan syarat-syarat yang harus dilengkapi.
Saya sendiri sudah mencari-cari informasi sebelumnya mengenai cara atau Proses pencairan BPJS ketenagakerjaan /jamsostek ini dan sudah mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Sehari sebelumnya saya siapkan dokumen-dokumen asli beserta fotokopinya. Esoknya saya datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat. Tiba di kantor BPJS sekitar jam 9 pagi saya lihat suasana nya cukup lengang, perkiraan saya biasanya untuk yang berhubungan dengan pencairan keuangan ini biasanya tempatnya padat. Kemudian saya masuk kedalam dan menanyakan informasi Cara klaim jamsostek
ke Satpam di bagian penerimaan awal dan ternyata pak satpam itu memberitahukan bahwa sebelumnya harus mendaftar online terlebih dahulu dan tidak bisa datang langsung mengajukan klaim pencairan BPJS ketenagakerjaan /jamsostek. Informasi ini saya tidak mengetahui sebelumnya dan terpaksa pulang gigit jari di hari pertama.
Akhirnya saya isi form klaim online, lumayan ribet juga Proses pencairan jamsostek di tahun 2017 ini
karena sebelumnya harus scan semua dokumen dengan ukuran file minimal 100kb dan maksimal tidak lebih dari 1,8 Mb. Dokumen diupload satu persatu setelah klik tombol simpan eh,, ada notifikasi server error. Akan tetapi ketika cek inbox email ada notifikasi untuk proses registrasi klaim berhasil dan mendapatkan keterangan mohon menunggu maksimal 2x24 jam untuk pemberitahuan selanjutnya. Sampai disini proses yang saya telah lalui dan tulis di blog ini.
Adapun untuk syarat-syarat Proses pencairan Jamsostek / BPJS ketenagakerjaan ini , berikut syarat untuk peserta dengan alasan klaim mengundurkan diri :
KTP
Kartu Keluarga
Kartu Jamsostek /BPJS ketenagakerjaan
Paklaring atau surat referensi dari perusahaan tempat kita bekerja sesuai dengan kartu Jamsostek yang terdaftar
Buku Tabungan
Semua diperlukan dokumen asli yang wajib dibawa ke kantor BPJS ketenagakerjaan, demikian untuk saat ini informasi share pengalaman saya dalam proses pencairan BPJS ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat :)
Layanan baru Google Domains, apakah itu?
Karena udah agak jarang akses blogger.com untuk melihat-lihat koleksi blogspot saya ternyata ada sesuatu yang baru ketika kita membuka dahsboard utama blogger.com dan memilih salah satu blog yang kita miliki. Ketika di klik akan muncul Pilihan Google Domains beta dan iseng-iseng saya pilih search lalu hasilnya muncul beberapa variasi nama salah satu blog yang kita pilih tersebut dengan beberapa pilihan ekstensi domain mulai dari yang top level domain .com .org .cc .us .info sampai ekstensi domain yang baru saya lihat/dengar/ketahui misalnya .services , .experts, .media.
Pertanyaan sekaligus kesimpulan pertama kali yang saya tangkap adalah Google jualan domain sekarang? Karena biasanya penjual domain yang saya kenal hanya di godaddy atau biasanya saya membeli di indowebsite.net. Lalu saya coba cari-cari informasi mengenai info lengkap google domains ini.saya ketik kata kunci google domains di mesin pencari google langsung muncul ke domain.google lalu saya ketik berita dengan kata kunci “google luncurkan google domains“ ternyata sudah ada sejak bulan april 2017 dan ternyata pemikiran saya benar google domains ini adalah fitur yang memungkinkan kita untuk membeli domain langsung dari pihak Google.
Bagaimana dengan harganya? Berikut Saya coba bandingkan antara google domains, godaddy dan indowebsite.net untuk sebuah domain dengan nama dan ekstensi yang sama. Ini hasilnya :
Nama domain : clashclaninfomediagamers.com
Harga di google domains beta : IDR 165.930/ tahun tidak ada keterangan pajak
Harga di godaddy.com : IDR 115.000/tahun sudah termasuk pajak
Harga di indowebsite.net IDR 148,500/tahun sudah termasuk pajak
Dari kesimpulan diatas untuk harga domain termurah masih dipegang godaddy.com disusul indowebsite.net lalu google domains beta. Untuk Keunggulan dari google domains ini saya belum pernah coba mungkin ada rekan blogger lain yang mau berbagi pengalamannnya menggunakan google domains ini silahkan infokan di kolom komentar.
Demikian informasi mengenai Layanan baru google, google domains beta ini. Jika dirasa bermanfaat silahkan share di media sosial.
Hello Juli 2017
A post shared by Iman Gilarginanjar Farlani (@imanfarlani) on
Hello Juli 2017 , kita baru saja melewati bulan ramadhan 1438 H dan sekarang berada di bulan syawal , mari kita kembali ke awal hehehe. Momentnya pas nih untuk awal yang baru , ceritanya sekarang punya ruang kerja baru di rumah , it's an escape room, juga sebagai workshop merangkap ruang ngoprek, ruang bebas , ruang kreasi , ruang relaksasi , ruang kreatif , ruang serbaguna , dan juga gudang , kondisinya masih "pabalatak" (berantakan) dan selanjutnya
|
Pengajuan visa waiver ke kedutaan jepang
Pengajuan visa adalah salah satu syarat yang dibutuhkan jika ingin melakukan perjalanan ke negara jepang. untuk visa Waiver berbeda dengan visa biasa yang visa single entry maupun multiple entry adalah visa waiver ini syaratnya lebih mudah dan tidak mengeluarkan biaya dan tidak ada syarat minimal tabungan yang konon katanya untuk pengajuan visa biasa harus ada minimal 2 digit awal + enam angka saldo rupiah hehehe.Walaupun mudah, Proses pengajuan visa waiver ke kedutaan jepang ini memakan waktu 2 hari kerja.
Hari pertama proses pengajuan siapkan syarat2nya yaitu paspor nya wajib e-paspor (untuk informasi pengajuan e-paspor bisa cek disini) , yang kedua mengisi formulir pengajuan visa waiver. Untuk hari pertama pengajuan jam pelayanan visa waiver ini mulai jam 8 pagi s.d jam 12 siang.
Proses hari pertama Pengajuan visa waiver ke kedutaan jepang
Datang ke kedutaan jepang di Jakarta lokasinya di jl. Thamrin Samping plaza indonesia, sekilas bangunannya mirip penjara dengan warna gelap dan kawat berduri terlihat dimana2, sebetulnya ini gedung kedutaan atau benteng takeshi ? wkwkwk . Kalau bawa kendaraan sebaiknya cari parkir di sekitaran thamrin karena kalau lihat situasinya tidak parking friendly terutama untuk pemohon visa.
Datang ke kedutaan jepang di Jakarta lokasinya di jl. Thamrin Samping plaza indonesia, sekilas bangunannya mirip penjara dengan warna gelap dan kawat berduri terlihat dimana2, sebetulnya ini gedung kedutaan atau benteng takeshi ? wkwkwk . Kalau bawa kendaraan sebaiknya cari parkir di sekitaran thamrin karena kalau lihat situasinya tidak parking friendly terutama untuk pemohon visa.
Pastikan berpakaian rapih celana kemeja sepatu standar formal seperti mau ngelamar kerja. Sangat wajib membawa kartu identitas asli ktp atau sim karena akan ditukar dengan nomor visitor di pintu depan bagian keamanan. Prosedur masuk ke dalamnya juga berlapis-lapis keamanan dengan beberapa pintu level penjagaan.
1.pintu gerbang
Proses pertama tiba di pintu depan ada petugas satpam yang akan menanyakan keperluan datang ke kedutaan, jawab sesuai kebutuhan kita kalau datang pagi berarti mau mengajukan visa. Kalau datang diatas jam 1 siang dan bilangnya mau ajukan visa akan ditolak dan dilarang masuk lalu disuruh datang besok pagi sebelum jam 12. Masih di pintu depan satpam akan memeriksa barang bawaan isi tas wajib dibuka dan diperlihatkan. Hanya protokol standar keamanan biasa yang lumayan ketat. Setelah lolos pengecekan tunggu instruksi masuk ke gedung kedutaan jepang ini. Pintunya mirip yang sering kita lihat di film2 holywood yaitu gedung dengan tingkat keamanan atau di penjara yang hanya bisa dibuka otomatis setelah nada tanda bel berbunyi.
Proses pertama tiba di pintu depan ada petugas satpam yang akan menanyakan keperluan datang ke kedutaan, jawab sesuai kebutuhan kita kalau datang pagi berarti mau mengajukan visa. Kalau datang diatas jam 1 siang dan bilangnya mau ajukan visa akan ditolak dan dilarang masuk lalu disuruh datang besok pagi sebelum jam 12. Masih di pintu depan satpam akan memeriksa barang bawaan isi tas wajib dibuka dan diperlihatkan. Hanya protokol standar keamanan biasa yang lumayan ketat. Setelah lolos pengecekan tunggu instruksi masuk ke gedung kedutaan jepang ini. Pintunya mirip yang sering kita lihat di film2 holywood yaitu gedung dengan tingkat keamanan atau di penjara yang hanya bisa dibuka otomatis setelah nada tanda bel berbunyi.
2. Pintu depan
Dari gerbang masuk ke pintu depan setelah dibuka bagian selanjutnya adalah penukaran kartu identitas ktp atau sim dan wajib disimpan di pos, sebagai gantinya kami mendapatkan nomor tanda visitor. Sesudahnya masuk ke ruangan bertuliskan pintu masuk.
Dari gerbang masuk ke pintu depan setelah dibuka bagian selanjutnya adalah penukaran kartu identitas ktp atau sim dan wajib disimpan di pos, sebagai gantinya kami mendapatkan nomor tanda visitor. Sesudahnya masuk ke ruangan bertuliskan pintu masuk.
3.pintu masuk
Di pintu masuk ini barang bawaan akan di scan seperti di bandara, dan kami melewati gerbang detector logam. Lolos masuk ke pintu selanjutnya ruang tunggu
Di pintu masuk ini barang bawaan akan di scan seperti di bandara, dan kami melewati gerbang detector logam. Lolos masuk ke pintu selanjutnya ruang tunggu
4.ruang tunggu
Ada sekitar kursi yang bisa ditempati 10 orang untuk menunggu masuk apabila ruang layanan visa penuh. tersedia brosur2 wisata ke jepang , majalah dan koran bertuliskan huruf kanji silahkan dilihat-lihat :)
Ada sekitar kursi yang bisa ditempati 10 orang untuk menunggu masuk apabila ruang layanan visa penuh. tersedia brosur2 wisata ke jepang , majalah dan koran bertuliskan huruf kanji silahkan dilihat-lihat :)
5.ruang pelayanan visa
Masuk ke ruangan ini segera ambil nomor antrian otomatis tekan 1 tombol keluar nomor antrian, pastikan menekan tombol A, karena tombol B dikhususkan untuk melayani WNA jepang.
Masuk ke ruangan ini segera ambil nomor antrian otomatis tekan 1 tombol keluar nomor antrian, pastikan menekan tombol A, karena tombol B dikhususkan untuk melayani WNA jepang.
Begitu masuk ruangan pelayanan visa ini suasana nya langsung terasa berbeda terutama interior yang sudah terasa negara jepangnya ditambah poster-poster promosi pariwisata jepang. Tersedia formulir siap isi sesuai kebutuhan dan 1 orang petugas khusus yang memberikan kertas resi untuk diserahkan nanti ke petugas loket, semua diisi lengkap, kalau ada yang kurang dimengerti tanya aja petugasnya.
Setelah nomor urut dipanggil maju ke petugas loket yang muncul memanggil nomor antrian kita tadi , serahkan persyaratan yang dibutuhkan untuk visa waiver yaitu e-paspor, formulir visa waiver , karcis nomor antrian, dan struk resi dari petugas tadi. Apabila syarat lengkap kurang dari lima menit sudah disetujui dan diinformasikan agar datang kembali besok mulai setengah 2 siang untuk pengambilan paspor yang sudah disetujui pengajuan visa waiver nya.
Selesai hari pertama silahkan menunggu 1 hari kerja , kalau pengajuannya hari jumat maka bisa diambil hari senin. Jangan lupa tukar kembali visitor cardnya dengan kartu identitas yang kita titipkan tadi.
Oiya di ruangan ini tidak boleh foto2 dan handphone wajib di silent kalau ada telepon masuk harus dijawab di luar ruangan/ diruang tunggu yang tadi.
Proses hari kedua pengajuan visa waiver
Di hari kedua ini walaupun kemarin petugas loketnya nyuruh datang jam setengah 2 , kalo ga mau antri pastikan datang lebih awal. Waktu itu saya datang jam 12.30 dan sudah ada sekitar 30 orang mengantri di depan saya dan sesudahnya hingga waktu buka gerbang pengambilan jam setengah 2 sudah ada puluhan orang mengantri dibelakang saya. Siapkan mental dan fisik karena antrian di pintu gerbang nya di luar ruangan pada waktu tengah hari berjemur di teriknya kota jakarta jangan lupa bawa air mineral dingin dan payung untuk melindungi panas maupun hujan sebagai persiapan saat mengantri.
Prosesnya sama dengan hari ke 1 mulai dari pintu gerbang sampai masuk ke ruang pelayanan visa dan ambil nomor antrian. Struk resi yang sudah di nomori kemarin ditukar dengan paspor yang kita titipkan kemarin. Apabila paspor kita sudah ada gambar gunung fuji dan cap kedutaan jepang artinya sudah bisa bolak balik ke jepang nih selama 3 tahun atau sampai paspor habis tergantung mana yang lebih dulu. Menggunakan visa waiver ini dalam 1 x kunjungan ke jepang maksimalnya 15 hari.
Demikian sharing pengalaman pengajuan visa waiver terbaru dari saya, semoga bermanfaat. Kalo ga mau ribet katanya bisa ajuin juga lewat travel agen yang menyediakan jasa pengajuan visa waiver ada tambahan biaya tentunya untuk jasa si travel agen.
Kalau mau coba-coba sendiri sebelumnya bisa cari2 info yang lengkap di google mengenai pengajuan visa waiver ini seperti yang saya lakukan . Pengambilannya hanya 5 menit. antrinya saat pengambilan 2 jam lebih lumayan perjuangan demi visa waiver oh visa waiver.
Cerita e-paspor part 3: pengambilan paspor di kantor imigrasi
Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman proses pengambilan paspor di kantor imigrasi jakarta selatan. Pengambilan nomor antrian untuk pengambilan Paspor hanya bisa diambil mulai jam 13:00
waktu itu saya datang jam 11:00 harus nunggu 2 jam hanya duduk saja, untuk ambil nomor antrian juga belum bisa. Tanpa ada informasi tambahan kenapa engga bisa ambil nomor antrian sebelum jam 1 siang. Ketika Jam 12 siang tanpa ada informasi atau pengarahan ada beberapa ibu2 berjejer ( lebih tepatnya berkerumun )