Hello Juli 2017 , kita baru saja melewati bulan ramadhan 1438 H dan sekarang berada di bulan syawal , mari kita kembali ke awal hehehe. Momentnya pas nih untuk awal yang baru , ceritanya sekarang punya ruang kerja baru di rumah , it's an escape room, juga sebagai workshop merangkap ruang ngoprek, ruang bebas , ruang kreasi , ruang relaksasi , ruang kreatif , ruang serbaguna , dan juga gudang , kondisinya masih "pabalatak" (berantakan) dan selanjutnya
|
Pengajuan visa waiver ke kedutaan jepang
Pengajuan visa adalah salah satu syarat yang dibutuhkan jika ingin melakukan perjalanan ke negara jepang. untuk visa Waiver berbeda dengan visa biasa yang visa single entry maupun multiple entry adalah visa waiver ini syaratnya lebih mudah dan tidak mengeluarkan biaya dan tidak ada syarat minimal tabungan yang konon katanya untuk pengajuan visa biasa harus ada minimal 2 digit awal + enam angka saldo rupiah hehehe.Walaupun mudah, Proses pengajuan visa waiver ke kedutaan jepang ini memakan waktu 2 hari kerja.
Hari pertama proses pengajuan siapkan syarat2nya yaitu paspor nya wajib e-paspor (untuk informasi pengajuan e-paspor bisa cek disini) , yang kedua mengisi formulir pengajuan visa waiver. Untuk hari pertama pengajuan jam pelayanan visa waiver ini mulai jam 8 pagi s.d jam 12 siang.
Proses hari pertama Pengajuan visa waiver ke kedutaan jepang
Datang ke kedutaan jepang di Jakarta lokasinya di jl. Thamrin Samping plaza indonesia, sekilas bangunannya mirip penjara dengan warna gelap dan kawat berduri terlihat dimana2, sebetulnya ini gedung kedutaan atau benteng takeshi ? wkwkwk . Kalau bawa kendaraan sebaiknya cari parkir di sekitaran thamrin karena kalau lihat situasinya tidak parking friendly terutama untuk pemohon visa.
Datang ke kedutaan jepang di Jakarta lokasinya di jl. Thamrin Samping plaza indonesia, sekilas bangunannya mirip penjara dengan warna gelap dan kawat berduri terlihat dimana2, sebetulnya ini gedung kedutaan atau benteng takeshi ? wkwkwk . Kalau bawa kendaraan sebaiknya cari parkir di sekitaran thamrin karena kalau lihat situasinya tidak parking friendly terutama untuk pemohon visa.
Pastikan berpakaian rapih celana kemeja sepatu standar formal seperti mau ngelamar kerja. Sangat wajib membawa kartu identitas asli ktp atau sim karena akan ditukar dengan nomor visitor di pintu depan bagian keamanan. Prosedur masuk ke dalamnya juga berlapis-lapis keamanan dengan beberapa pintu level penjagaan.
1.pintu gerbang
Proses pertama tiba di pintu depan ada petugas satpam yang akan menanyakan keperluan datang ke kedutaan, jawab sesuai kebutuhan kita kalau datang pagi berarti mau mengajukan visa. Kalau datang diatas jam 1 siang dan bilangnya mau ajukan visa akan ditolak dan dilarang masuk lalu disuruh datang besok pagi sebelum jam 12. Masih di pintu depan satpam akan memeriksa barang bawaan isi tas wajib dibuka dan diperlihatkan. Hanya protokol standar keamanan biasa yang lumayan ketat. Setelah lolos pengecekan tunggu instruksi masuk ke gedung kedutaan jepang ini. Pintunya mirip yang sering kita lihat di film2 holywood yaitu gedung dengan tingkat keamanan atau di penjara yang hanya bisa dibuka otomatis setelah nada tanda bel berbunyi.
Proses pertama tiba di pintu depan ada petugas satpam yang akan menanyakan keperluan datang ke kedutaan, jawab sesuai kebutuhan kita kalau datang pagi berarti mau mengajukan visa. Kalau datang diatas jam 1 siang dan bilangnya mau ajukan visa akan ditolak dan dilarang masuk lalu disuruh datang besok pagi sebelum jam 12. Masih di pintu depan satpam akan memeriksa barang bawaan isi tas wajib dibuka dan diperlihatkan. Hanya protokol standar keamanan biasa yang lumayan ketat. Setelah lolos pengecekan tunggu instruksi masuk ke gedung kedutaan jepang ini. Pintunya mirip yang sering kita lihat di film2 holywood yaitu gedung dengan tingkat keamanan atau di penjara yang hanya bisa dibuka otomatis setelah nada tanda bel berbunyi.
2. Pintu depan
Dari gerbang masuk ke pintu depan setelah dibuka bagian selanjutnya adalah penukaran kartu identitas ktp atau sim dan wajib disimpan di pos, sebagai gantinya kami mendapatkan nomor tanda visitor. Sesudahnya masuk ke ruangan bertuliskan pintu masuk.
Dari gerbang masuk ke pintu depan setelah dibuka bagian selanjutnya adalah penukaran kartu identitas ktp atau sim dan wajib disimpan di pos, sebagai gantinya kami mendapatkan nomor tanda visitor. Sesudahnya masuk ke ruangan bertuliskan pintu masuk.
3.pintu masuk
Di pintu masuk ini barang bawaan akan di scan seperti di bandara, dan kami melewati gerbang detector logam. Lolos masuk ke pintu selanjutnya ruang tunggu
Di pintu masuk ini barang bawaan akan di scan seperti di bandara, dan kami melewati gerbang detector logam. Lolos masuk ke pintu selanjutnya ruang tunggu
4.ruang tunggu
Ada sekitar kursi yang bisa ditempati 10 orang untuk menunggu masuk apabila ruang layanan visa penuh. tersedia brosur2 wisata ke jepang , majalah dan koran bertuliskan huruf kanji silahkan dilihat-lihat :)
Ada sekitar kursi yang bisa ditempati 10 orang untuk menunggu masuk apabila ruang layanan visa penuh. tersedia brosur2 wisata ke jepang , majalah dan koran bertuliskan huruf kanji silahkan dilihat-lihat :)
5.ruang pelayanan visa
Masuk ke ruangan ini segera ambil nomor antrian otomatis tekan 1 tombol keluar nomor antrian, pastikan menekan tombol A, karena tombol B dikhususkan untuk melayani WNA jepang.
Masuk ke ruangan ini segera ambil nomor antrian otomatis tekan 1 tombol keluar nomor antrian, pastikan menekan tombol A, karena tombol B dikhususkan untuk melayani WNA jepang.
Begitu masuk ruangan pelayanan visa ini suasana nya langsung terasa berbeda terutama interior yang sudah terasa negara jepangnya ditambah poster-poster promosi pariwisata jepang. Tersedia formulir siap isi sesuai kebutuhan dan 1 orang petugas khusus yang memberikan kertas resi untuk diserahkan nanti ke petugas loket, semua diisi lengkap, kalau ada yang kurang dimengerti tanya aja petugasnya.
Setelah nomor urut dipanggil maju ke petugas loket yang muncul memanggil nomor antrian kita tadi , serahkan persyaratan yang dibutuhkan untuk visa waiver yaitu e-paspor, formulir visa waiver , karcis nomor antrian, dan struk resi dari petugas tadi. Apabila syarat lengkap kurang dari lima menit sudah disetujui dan diinformasikan agar datang kembali besok mulai setengah 2 siang untuk pengambilan paspor yang sudah disetujui pengajuan visa waiver nya.
Selesai hari pertama silahkan menunggu 1 hari kerja , kalau pengajuannya hari jumat maka bisa diambil hari senin. Jangan lupa tukar kembali visitor cardnya dengan kartu identitas yang kita titipkan tadi.
Oiya di ruangan ini tidak boleh foto2 dan handphone wajib di silent kalau ada telepon masuk harus dijawab di luar ruangan/ diruang tunggu yang tadi.
Proses hari kedua pengajuan visa waiver
Di hari kedua ini walaupun kemarin petugas loketnya nyuruh datang jam setengah 2 , kalo ga mau antri pastikan datang lebih awal. Waktu itu saya datang jam 12.30 dan sudah ada sekitar 30 orang mengantri di depan saya dan sesudahnya hingga waktu buka gerbang pengambilan jam setengah 2 sudah ada puluhan orang mengantri dibelakang saya. Siapkan mental dan fisik karena antrian di pintu gerbang nya di luar ruangan pada waktu tengah hari berjemur di teriknya kota jakarta jangan lupa bawa air mineral dingin dan payung untuk melindungi panas maupun hujan sebagai persiapan saat mengantri.
Prosesnya sama dengan hari ke 1 mulai dari pintu gerbang sampai masuk ke ruang pelayanan visa dan ambil nomor antrian. Struk resi yang sudah di nomori kemarin ditukar dengan paspor yang kita titipkan kemarin. Apabila paspor kita sudah ada gambar gunung fuji dan cap kedutaan jepang artinya sudah bisa bolak balik ke jepang nih selama 3 tahun atau sampai paspor habis tergantung mana yang lebih dulu. Menggunakan visa waiver ini dalam 1 x kunjungan ke jepang maksimalnya 15 hari.
Demikian sharing pengalaman pengajuan visa waiver terbaru dari saya, semoga bermanfaat. Kalo ga mau ribet katanya bisa ajuin juga lewat travel agen yang menyediakan jasa pengajuan visa waiver ada tambahan biaya tentunya untuk jasa si travel agen.
Kalau mau coba-coba sendiri sebelumnya bisa cari2 info yang lengkap di google mengenai pengajuan visa waiver ini seperti yang saya lakukan . Pengambilannya hanya 5 menit. antrinya saat pengambilan 2 jam lebih lumayan perjuangan demi visa waiver oh visa waiver.
Cerita e-paspor part 3: pengambilan paspor di kantor imigrasi
Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman proses pengambilan paspor di kantor imigrasi jakarta selatan. Pengambilan nomor antrian untuk pengambilan Paspor hanya bisa diambil mulai jam 13:00
waktu itu saya datang jam 11:00 harus nunggu 2 jam hanya duduk saja, untuk ambil nomor antrian juga belum bisa. Tanpa ada informasi tambahan kenapa engga bisa ambil nomor antrian sebelum jam 1 siang. Ketika Jam 12 siang tanpa ada informasi atau pengarahan ada beberapa ibu2 berjejer ( lebih tepatnya berkerumun )
Cerita e-paspor part 2 : upgrade paspor biasa ke e-paspor
Melanjutkan cerita sebelumnya masih tentang paspor dan imigrasi
Baca juga : Cerita e-paspor part 1 : Mengantri di kantor imigrasi
...
Setelah perjalanan jam 2 subuh dari bandung ke imigrasi kelas 1 jakarta selatan nyampe jam 4 dan ngantri berdiri sampai jam 6 , akhirnya dapet nomor antrian dari mesin print komputer dilanjutkan dengan mengantri lagi sampai pendaftaran dibuka jam 8 pagi. Pemeriksaan kelengkapan data dilakukan berulang-ulang mulai dari satpam sampai petugas pemberi nomor antrian menanyakan kelengkapan berkali-kali. Jangan lupa untuk selalu berpakaian rapih dan hindari baju putih karena background latar saat di foto nanti berwarna putih . waktu itu petugas mendapati seorang pengantri paspor bersendal dan langsung dikeluarkan dari antrian tidak diijinkan mendaftar padahal sudah antri dari subuh juga lho disuruh pulang lagi dan mengulang proses antrian yang menakjubkan itu.
Kenapa harus ke jakarta? Karena untuk mengurus e-paspor sementara ini baru bisa di beberapa kota tepatnya di 3 kota saja yaitu: jakarta, batam dan surabaya. Kenapa ga daftar antrian online dulu?
Cerita e-paspor part 1 : Mengantri di kantor imigrasi
Kali ini saya mau berbagi pengalaman mengganti paspor biasa ke e-paspor dimana proses penggantian e-paspor itu ternyata prosesnya kurang lebih sama dengan pembuatan paspor baru. Cerita Part 1 ini baru seputar proses mengantri di kantor imigrasi. Kantor Imigrasi yang bisa melayani pengajuan e-paspor ini baru tersedia hanya di beberapa kota saja yaitu Jakarta, Surabaya dan Batam. Dan untuk pengajuan e-paspor saat ini tidak bisa atau mungkin belum bisa untuk dilakukan secara online. Karena domisili saya di kota Cimahi (bukan bandung) maka yang harus disiapkan selain persyaratan berkas-berkas adalah waktu , tenaga dan siapkan fisik dan mental hehehee.
Setelah sebelumnya mencari-cari info di google untuk proses pendaftaran e-paspor ini hampir semua info nya kurang lebih sama dan yang utamanya adalah
Setelah sebelumnya mencari-cari info di google untuk proses pendaftaran e-paspor ini hampir semua info nya kurang lebih sama dan yang utamanya adalah
Kebebasan Finansial itu adalah
Hello 2017, tak terasa sudah 11 hari ini berlalu di awal tahun, ceritanya mau rajin ngeblog lagi nih kejar postingan semakin susah mengeluarkan kata-kata dalam bentuk tulisan. Dulu sewaktu masih kerja kantoran dalam pikiran dan penerawangan seakan-akan nantinya punya banyak waktu luang untuk mengerjakan hal-hal yang saya sukai dan eh ternyata kenyataannya tak sebebas merpati. Kebebasan waktu dan kebebasan finansial adalah idaman setiap manusia, namun apakah mudah untuk mencapainya?. Kalau disuruh memilih apakah mau jadi orang banyak uang tapi ga punya waktu buat ngapa-ngapain atau orang yang banyak waktu luang tapi ga punya uang untuk ngapa-ngapain hehehe. definisi kebebasan sendiri berbeda-beda tergantung keinginan dan impian setiap orangnya.
Posting 1212
Informasi Petshop di Cimahi
PetShop adalah toko yang menyediakan berbagai peralatan
untuk yang hobi memelihara hewan. hewan
yang umumnya banyak di pelihara adalah kucing, anjing, kelinci, hamster,
burung, atau yang agak-agak ekstrem semisal ular , iguana, kadal , buaya dll .
Untuk memenuhi kebutuhan hobi memelihara hewan ini biasanya disediakan oleh
petshop , ada kandang hewan , makanan, mainan untuk hewan dan jasa salon dan
grooming penitipan hewan serta layanan dokter hewan.
Layanan yang
Pelayanan seadanya belanja di toko komputer YELLAMART cimahi
Recomended gan ini logitech M235 |
Desain Grafis F=T
Beberapa waktu lalu sempat melihat postingan di facebook seorang teman se alumni yang berwirausaha di bidang Creative Services , dimana pekerjaan utamanya di sekitar dunia desain grafis atau dikenal juga sebagai desain komunikasi visual.
Hal ini bisa jadi satu curhatan yang mewakili para desainer lain yang menggeluti dunia per-desain-an, entah itu desain produk, grafis, fashion, dll. Pasti pernah atau bahkan sering dimintai bantuan untuk minta bantuan jasa desain dengan berbalut situasi pertemanan.
Yang lebih mengenaskan dari desain grafis yang gratis ini ketika hasil karya kita yang telah mengorbankan pikiran dan waktu ternyata tidak jadi digunakan dan karya nya bahkan tidak dihargai dengan sebuah ucapan terima kasih.
Jadi harusnya gimana ya kalo ada temen yang minta desain?
Hal ini bisa jadi satu curhatan yang mewakili para desainer lain yang menggeluti dunia per-desain-an, entah itu desain produk, grafis, fashion, dll. Pasti pernah atau bahkan sering dimintai bantuan untuk minta bantuan jasa desain dengan berbalut situasi pertemanan.
Yang lebih mengenaskan dari desain grafis yang gratis ini ketika hasil karya kita yang telah mengorbankan pikiran dan waktu ternyata tidak jadi digunakan dan karya nya bahkan tidak dihargai dengan sebuah ucapan terima kasih.
Jadi harusnya gimana ya kalo ada temen yang minta desain?
Maskot Asian Games yang bernama Drawa itu
Maskot Asian Games 2018 Drawa |
Penamaan drawa sendiri berasal dari kata cendrawasih dan banyak yang mengatakan logonya malah lebih mirip ayam ketimbang burung cendrawasih. Gatot S. Dewa Broto, Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora menyebut tak tahu-menahu asal usul Drawa (detikcom). Wow ini semakin menarik lagi pejabatnya tidak tahu asal-usul logonya , mungkin muncul secara tiba-tiba secara misterius setelah membakar beberapa kemenyan dan insert clipart di program aplikasi word.
Seberapa parahkah kualitas logo ini? kalau penilaian saya secara pribadi ini mungkin lebih cocok untuk buku mewarnai anak2, coba kita bandingkan beberapa logo event empat tahunan ini dari beberapa tahun sebelumnya penyelenggaraan asian games :
Perbandingan logo dari tahun ke tahun penyelenggaraan asian games |
Nah , berita terbaru nya logonya akan diganti dan disayembarakan, errr logo sebelumnya kena budget berapa pak? dan mau dibuang?..... there it goes again our money wasted sir...
Wordpress Gratisan ada iklannya
layanan manajemen konten/ CMS Wordpress yang versi gratis memasang secara otomatis iklan-iklan google adsense, bagi yang memiliki hosting gratisan di wordpress ini mungkin akan merasa kaget di tiap postingannya muncul iklan, terkait hal ini pihak wordpress memberikan penjelasan :
From wordpress.com : The site you just visited is part of WordPress.com. There are two reasons why you might see ads on a WordPress.com site:
- The site is part of the WordAds program and has elected to show ads to earn money from their site.
In both of the above cases, the ad you saw could be coming from a number of ad partners. The ads change depending on factors like your location and the type of site you are visiting.If you are a WordPress.com user and you would like to permanently remove all ads from your site, please take a look at our paid plans.If you saw an inappropriate ad, please report it to support@wordpress.com. Please include the address of the site (e.g.,https://example.wordpress.com), the date/time the ad appeared, and a screenshot of the ad.
- The site is one of the sites hosted on WordPress.com that is on our free plan. We run ads on these sites to help cover costs but these types of ads are run sparingly in an attempt to interfere as little as possible with the experience of reading a site.
Ya, begitulah konsekwensi ~consequences~ sesuatu yang gratis, mau tidak mau harus mengikuti rules pemiliknya , namanya juga numpang hehe. Ini sedikit mengkhawatirkan untuk perusahaan sekelas wordpress apakah nasibnya akan mengikuti layanan blogsome yang akhirnya tutup beberapa tahun yang lalu?
Customer atau Costumer ?
Ketidaktahuan dan ketidaktelitian dalam penggunaan sebuah kata pada sebuah konten atau keterangan dalam bahasa apapun bisa berdampak besar bagi image atau brand perusahaan. Hanya tertukar 1-2 huruf saja tapi artinya bisa berubah keseluruhan dan sangat jauh berbeda definisinya dan maknanya. Contoh yang saya bahas kali ini adalah penggunaan kata Customer atau Costumer. secara definisi bisa dilihat di gambar berikut :
Itulah pengertian dalam definisi bahasa inggrisnya antara Customer dan Costumer, yang terkadang menggelikan ketika masih ada yang penulisannya nya tidak sesuai pada penggunaan maksudnya yaitu maksudnya menulis layanan untuk melayani segala kebutuhan pelanggan tetapi ditulisnya Costumer service. kenapa menggelikan? karena yang terbayang dalam imajinasi saya :
Tetapi kekeliruan terkadang dibiarkan dan lama-lama menjadi salah kaprah sehingga terkadang orang awam yang kurang mengetahui dan yang sekedar ikut-ikutan merasa benar tanpa melakukan cek ulang penulisan bahwa penulisan yang dimaksud untuk layanan pelanggan ini adalah "Costumer". Disinilah saatnya masuk penilaian terhadap sebuah brand merambat ke pertanyaan kualitas dan pelayanannya secara keseluruhan terhadap brand tersebut.
Lebih dalam lagi kita bisa tetap berpegangan teguh pada kekeliruan tersebut dan gunakan gambar imajinasi saya diatas misalnya ketika melakukan komplain dan mendapatkan pelayanan yang tidak berkenan, respon lambat , tidak jelas memberikan solusi, maka sesungguhnya kita sedang dilayani oleh seorang Costumer service bukan Customer service. :)
bahkan perusahaan sekelas XL saja masih ada miss spellcheknya :
So check again your spelling , always do the spellchek sebelum lo gaya-gayaan pake bahasa inggris :D, gunakan kata Customer dan Costumer sesuai pada penempatannya.
Definisi customer dalam bahasa inggris |
definisi costumer dalam bahasa inggris |
Costumer dan Customer |
Tetapi kekeliruan terkadang dibiarkan dan lama-lama menjadi salah kaprah sehingga terkadang orang awam yang kurang mengetahui dan yang sekedar ikut-ikutan merasa benar tanpa melakukan cek ulang penulisan bahwa penulisan yang dimaksud untuk layanan pelanggan ini adalah "Costumer". Disinilah saatnya masuk penilaian terhadap sebuah brand merambat ke pertanyaan kualitas dan pelayanannya secara keseluruhan terhadap brand tersebut.
Lebih dalam lagi kita bisa tetap berpegangan teguh pada kekeliruan tersebut dan gunakan gambar imajinasi saya diatas misalnya ketika melakukan komplain dan mendapatkan pelayanan yang tidak berkenan, respon lambat , tidak jelas memberikan solusi, maka sesungguhnya kita sedang dilayani oleh seorang Costumer service bukan Customer service. :)
bahkan perusahaan sekelas XL saja masih ada miss spellcheknya :
So check again your spelling , always do the spellchek sebelum lo gaya-gayaan pake bahasa inggris :D, gunakan kata Customer dan Costumer sesuai pada penempatannya.